Kini Google Translate Sudah Mendukung Bahasa Indonesia!

03 Oktober 2008
Saya kaget juga saat tadi menggunakan jasa Google Translate untuk menerjemahkan teks berbahasa Jerman ke bahasa Inggris. Saat akan memilih pilihan German sebagai bahasa asal, mata saya secara tidak sengaja menangkap tulisan Indonesian. Masih setengah tidak percaya, saya langsung kepincut untuk mencobanya. Berikut ini beberapa eksperimen saya.

English: Free membership to first 500 members.
Bahasa Indonesia: Gratis keanggotaan untuk 500 anggota pertama.

Hasil terjemahan kalimat di atas menurut saya sudah sangat baik. Belum puas, kini saya mencoba sebaliknya, dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Caranya mudah, tinggal klik tulisan "swap" yang ada di sebelah kanan panel pilihan bahasa.

Bahasa Indonesia: Aku kemarin melihat pawai.
English: I see the parade yesterday.

Nah, di sinilah akhirnya saya menemukan titik lemahnya. Seharusnya, terjemahan yang benar adalah "I saw the parade yesterday" bukan "I see the parade yesterday" karena jelas itu adalah bentuk lampau.

Sebagai layanan baru dan masih dalam versi beta, tentu masih bisa dimaklumi jika terjemahan yang dihasilkan belum begitu akurat. Akan tetapi, saya yakin dalam waktu dekat segala kekurangan ini akan segera disempurnakan. Apalagi, semua orang bisa ikut berpartisipasi mengoreksi kesalahan yang ada. Caranya? Klik tulisan Suggest a better translation yang dapat Anda temukan di sebelah kanan bawah.

Ingin mencoba sendiri? Silakan klik di sini.

0 komentar:

Posting Komentar