Microsoft Rilis Internet Explorer 8

19 Maret 2009
Setelah berada dalam tahap beta dan release candidate selama hampir setahun, Microsoft akhirnya merilis versi final Internet Explorer 8 untuk umum secara resmi pada Kamis (19/3).

Peramban situs yang mendominasi pasar dan bakal menjadi aplikasi pelengkap utama dalam Windows 7 tersebut dapat diunduh dari situs resmi Microsoft mulai pukul 09.00 PST (20.00 WIB) secara gratis bagi pengguna sistem operasi Microsoft asli.

Microsoft, perusahaan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia, mengatakan bahwa IE8 dapat dijalankan pada Windows Vista maupun Windows XP yang masih banyak digunakan.

Aplikasi ini akan menggantikan kedudukan IE7 yang sangat populer di pasar peramban situs. Merujuk pada hasil survei yang baru-baru ini dilakukan oleh perusahaan konsultan TI, Janco Associates Inc., Internet Explorer menguasai pasar dengan market share sebesar 72,2 persen, jauh mengungguli Mozilla Firefox yang hanya mengantongi 17,2 persen. Peramban situs baru buatan Google, Chrome, hanya mampu memperoleh 2,8 persen, sedangkan Safari yang dibuat oleh Apple kurang dari 1 persen.

Bulan lalu, Google bergabung dengan Mozilla dan Opera untuk memprotes dominasi Microsoft dalam pasar peramban situs. Pada bulan Januari lalu, badan antimonopoli Eropa menjatuhkan sanksi berupa denda kepada Microsoft karena membundel peramban situs Internet Explorer dengan sistem operasi Windows yang digunakan oleh 95 persen pengguna komputer pribadi di dunia.

Menanggapi hal tersebut, Microsoft mengumumkan bahwa pengguna Windows 7, yang rencananya akan dirilis akhir tahun ini atau awal tahun depan, kelak akan dapat mematikan atau menonaktifkan fungsi aplikasi pelengkap utama, seperti Internet Explorer, sehingga pengguna bebas menggunakan peramban situs yang lain.

Beberapa fitur baru yang tersedia di IE8 antara lain fitur "accelerator", yaitu apabila pengguna mengklik kanan pada alamat atau komponen web yang lain, maka secara otomatis IE8 akan membawa kita menjelajahi peta atau menyalinnya secara langsung ke blog maupun situs pribadi. Pengguna juga akan bisa mengetikkan kata kunci tertentu di address bar untuk mengingat-ingat situs yang pernah dikunjungi yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Perangkat lunak ini juga dilengkapi dengan proteksi keamanan yang lebih baik, contohnya pengguna akan diperingatkan bila mereka akan mengunduh sesuatu dari situs yang dicurigai sebagai sumber malware maupun spyware.

Jika Anda berminat atau penasaran ingin mencoba peramban situs terbaru dari Microsoft ini, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Diterjemahkan secara bebas dari "Microsoft releases Internet Explorer 8". Gambar diambil dari http://www.product-reviews.net.

0 komentar:

Posting Komentar