Tagihan untuk Orang Mati 450 Tahun Lalu

12 Maret 2009
Seorang matematikawan Jerman yang meninggal 450 tahun lalu dikirimi surat yang memintanya untuk membayar tagihan televisi yang telat dibayar, demikian kata penghuni rumah yang terletak di alamat yang sama dengan sang matematikawan, Rabu (11/3) lalu.

Kantor pengumpul tagihan lembaga penyiaran GEZ, Jerman, mengirimkan tagihan tersebut ke alamat rumah terakhir Adam Ries, seorang pakar aljabar yang membeli rumah tersebut pada tahun 1525. Sebuah klub yang didirikan untuk menghormatinya dipusatkan di alamat tersebut empat abad kemudian.

"Kami menerima surat yang dialamatkan 'Kepada Mr. Adam Ries', dengan isi memintanya untuk membayar tagihan radio dan televisi," kata Annegret Muench, yang saat ini menjabat sebagai ketua klub tersebut.

Muench mengembalikan surat tersebut kepada GEZ disertai catatan yang menjelaskan bahwa permintaan tersebut datang sangat terlambat karena Ries sudah meninggal pada tahun 1559, berabad-abad sebelum radio dan televisi ditemukan. Ia baru menerima balasan berupa surat peringatan beberapa minggu kemudian.

Ini bukan pertama kalinya GEZ mengirim surat tagihan kepada pelanggannya yang telah tiada. Tahun lalu, sebuah sekolah yang dinamai dengan nama seorang penyair, Friedrich Schiller, menerima sebuah surat peringatan yang memintanya untuk melunasi tagihan seluruh radio dan televisi di rumahnya sekaligus membayar dendanya.

Diterjemahkan secara bebas dari "Math whiz, dead for 450 years, gets TV bill" oleh Franziska Scheven, disunting oleh Katie Nguyen.

0 komentar:

Posting Komentar