Panduan Harga Windows 7

14 November 2009
Microsoft meluncurkan Windows 7 dalam empat edisi. Setiap edisi memiliki kombinasi fitur dan harga yang berbeda-beda. Jangan bingung dulu karena artikel ini akan membantu Anda mengetahui apa saja fitur dalam tiap edisinya sekaligus memberi rekomendasi edisi mana yang cocok bagi Anda.

WINDOWS 7 HOME PREMIUM

Harga: US$199,99 untuk versi penuh; US$119,99 untuk versi upgrade (jika Anda punya Windows Vista atau Windows XP yang terinstal di komputer Anda).

Sekilas: Edisi ini adalah edisi Windows 7 yang paling murah (edisi starter tersedia bagi pengguna netbook). Windows 7 Home Premium berisi semua fungsi dasar yang dibutuhkan oleh kebanyakan pengguna. Edisi ini dilengkapi dengan Internet Explorer 8, Windows Media Player untuk mendengarkan musik dan menonton video, serta tampilan antarmuka Windows 7 baru yang modern.

Sasaran pengguna: Kebanyakan pengguna atau keluarga akan menemukan hampir semua yang mereka perlukan dalam paket Home Premium ini. Edisi ini adalah pilihan terbaik bagi pengguna non-teknis dan siapa saja yang tidak memerlukan sambungan ke jaringan kerja. Edisi ini sudah cukup memuaskan bagi mayoritas pengguna Windows pada umumnya.

WINDOWS 7 HOME PREMIUM UPGRADE FAMILY PACK

Harga: US$149,99. Tidak ada versi penuh yang tersedia; hanya versi upgrade.

Sekilas: Edisi ini sebenarnya sama saja dengan Home Premium, tetapi dijual dengan tiga lisensi yang artinya Anda boleh menginstalnya pada tiga komputer dan hanya membayar sebagian kecil saja dari harga versi penuhnya. Mudahnya, jika Anda menginstal Home Premium pada tiga komputer tanpa Family Pack akan membutuhkan biaya sebesar US$360, sedangkan bila dengan Family Pack, Anda cukup membayar setengahnya saja.

Sasaran pengguna: Keluarga yang memiliki lebih dari satu komputer. Pembelian edisi ini akan sangat menghemat pengeluaran.

WINDOWS 7 PROFESSIONAL

Harga: US$299,99 untuk versi penuh; $199,99 untuk versi upgrade.

Sekilas: Windows 7 Professional memiliki semua fitur yang ditawarkan dalam edisi Home Basic ditambah beberapa fitur baru, antara lain program back-up terintegrasi untuk mengamankan data dalam harddisk Anda bila sewaktu-waktu terjadi kerusakan; modus Windows XP yang membuat perangkat lunak yang mungkin tidak kompatibel dengan Windows 7 supaya berjalan dalam modus "virtual" sehingga program tersebut "mengira" bahwa mereka dijalankan dalam Windows XP; serta kemampuan untuk bergabung dengan domain yang bisa jadi penting bila sewaktu-waktu komputer Anda harus terhubung ke jaringan kerja.

Sasaran pengguna: Pengguna tingkat lanjut yang kebutuhannya lebih dari pengguna kebanyakan. Selain itu, bagi yang tidak ingin membeli program back-up buatan pihak ketiga juga menjadi salah satu sasaran penggunanya karena edisi ini telah memiliki solusi back-up terintegrasi. Jika Anda punya banyak program keluaran lama yang masih sering Anda gunakan, edisi ini cocok bagi Anda karena modus XP-nya akan mengizinkan program-program tersebut berjalan di bawah Windows 7 walaupun secara virtual.

WINDOWS 7 ULTIMATE

Harga: US$319,99 untuk versi penuh; US$219,99 untuk versi upgrade.

Sekilas: Windows 7 Ultimate sedikit lebih mahal dibanding edisi Professional karena hanya menambahkan satu fitur penting, yaitu BitLocker. BitLocker adalah teknologi keamanan untuk mengenkripsi seluruh harddisk Anda. Mengenkripsi harddisk membuat data yang ada di dalamnya jauh lebih aman dari serangan para pencuri data.

Sasaran pengguna: Siapa saja yang bekerja di bidang yang memerlukan kerahasiaan dan keamanan data yang tinggi. Jika Anda sering membawa-bawa data sensitif di dalam laptop atau flashdisk, BitLocker adalah pilihan teknologi yang tepat bagi Anda.

Diterjemahkan secara bebas dari "Windows 7 Pricing Options"; ditulis oleh Keith Ward. Gambar diambil dari berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar