Apa Kata Paling Romantis Sedunia?

16 Februari 2010
"Amour", bahasa Perancis dari cinta, terpilih menjadi kata paling romantis sedunia dalam sebuah survei yang diselenggarakan menjelang Valentine.

Kata tersebut berhasil menggusur "amore", cinta dalam bahasa Italia, terlepas dari kenyataan bahwa bahasa Italia terpilih sebagai bahasa paling romantis sedunia. Walaupun demikian, kata-kata dalam bahasa Italia turut mendominasi peringkat atas dari daftar kata-kata paling romantis yang dipilih oleh para responden.

"Bellissima", yang berarti sangat cantik dalam bahasa Italia dan Spanyol, meraih peringkat ketiga sebagai kata paling romantis, sementara "tesoro", yang berarti harta dalam bahasa Italia dan Spanyol, menduduki peringkat di bawahnya.

Survei tersebut diselenggarakan oleh Today Translations yang bermarkas di London dengan mengikutsertakan lebih dari 320 linguis mereka sebagai respondennya.

Setelah bahasa Italia, hasil survei menunjukkan bahwa bahasa Perancis adalah bahasa paling romantis kedua, jauh mengungguli bahasa Spanyol dan Inggris yang sama-sama menduduki peringkat ketiga.

Dalam survei yang sama, firma tersebut juga meminta para ahli bahasa mereka untuk memilih kalimat yang terdengar paling tidak romantis untuk mengatakan "aku cinta kamu" dalam berbagai bahasa. Yang keluar sebagai pemenang adalah bahasa Jepang "watakushi wa anata o ai shimasu", diikuti bahasa Wales "rydw i'n dy garu di", lalu bahasa Klingon "qaparha" seperti yang dituturkan dalam serial film Star Trek.

Diterjemahkan secara bebas dari "Is this the world's most romantic word?"; dilaporkan oleh London Newsroom untuk Reuters.

0 komentar:

Posting Komentar