Kejadian-Kejadian Aneh dalam Satu Abad (1)

14 Februari 2012
Artikel ini memang sudah lama dipublikasikan, tepatnya pada tanggal 26 Desember 1999 di situs harian Inggris, The Independent. Penulisnya adalah wartawan Majalah Fortean Times, Paul Sieveking. Akan tetapi, tidak ada salahnya kan bila baru saya terjemahkan sekarang? Toh, Anda pasti akan tetap penasaran apa saja sih hal-hal aneh yang terjadi di dunia pada abad ke-20. Oleh karena artikel aslinya lumayan panjang, saya akan membaginya ke dalam lima bagian. Berikut ini adalah bagian yang pertama, selamat membaca!

***


Abad ke-20, seperti abad-abad sebelumnya, diwarnai kejadian-kejadian yang sulit diterima oleh akal sehat. Kebangkitan spiritualisme, medium pemanggil roh, dan ektoplasma yang terjadi pada abad ke-19 mungkin berangsur-angsur telah dilupakan, tetapi pada abad ke-20 muncullah keanehan-keanehan dalam bentuk baru. Yang paling menonjol dalam 50 tahun terakhir adalah fenomena piring terbang, tetapi tidak hanya itu, ada pula kejadian orang hilang, katak yang berjatuhan dari langit, tubuh yang tiba-tiba terbakar, dan bahkan ada yang menganggap bahwa dunia semakin aneh. Pada tahun 1929, teori penyatuan medan (unified field) yang dikemukakan oleh Albert Einstein mengajukan adanya kemampuan saling bertukar pada gaya listrik, magnet, gravitasi, dan inersia.


Albert Einstein, si jenius abad ke-20.

Ilmu fisika secara umum juga menjadi lumayan aneh dengan munculnya fisika kuantum dan prinsip ketidakpastian (uncertainty principle), ditambah lagi eksperimen Nikola Tesla untuk menciptakan petir dan gempa bumi. Salah satu cabang yang paling aneh dalam fisika kuantum adalah efek pengamat (observer effect) yang dikemukakan oleh Erwin Schrödinger: suatu partikel ada secara bersamaan sebagai gelombang dan partikel hingga diamati lewat eksperimen, di mana saat itu partikel tersebut menjadi salah satu dari keduanya dan tetap demikian hingga diuji. Kita bahkan tidak bisa lagi mengandalkan hukum fisika dasar: pada tahun 20-an, para ilmuwan menyetujui kecepatan cahaya adalah 186.285 mil (299.796,647 km) per detik, dua dasawarsa kemudian berkurang sebesar 3%, dan akhirnya pada pertengahan tahun 50-an sampai sekarang kecepatannya disepakati 186.282,34 mil (299.792,366 km) per detik.

Di bawah ini akan disajikan kejadian-kejadian aneh yang muncul ke permukaan pada abad ke-20. Tak peduli Anda percaya atau tidak, keberadaan hal-hal seperti ini memberi kesan bahwa kehidupan di zaman modern jauh lebih menakutkan daripada yang kita duga sebelumnya.

1) Pada tanggal 30 Juni 1908, sesuatu yang tak dikenal meledak 8 km di atas Tunguska, Siberia, dengan kekuatan ledakan yang setara dengan 12,5 megaton bom nuklir. Tidak ada kawah yang ditimbulkan oleh ledakan itu, tetapi pohon-pohon hangus dan lenyap di wilayah yang sangat luas. Matahari terbenam yang berwarna kelabu terlihat di seluruh belahan dunia selama berminggu-minggu. Adanya lapisan debu hitam menimbulkan dugaan bahwa ledakan itu berasal dari komet, kemungkinan besar serpihan komet Encke.


Dampak komet yang jatuh di Tunguska, Siberia.

2) Pada tanggal 1 Januari 1984, bom udara dengan ukuran 22,9 cm dan berat 10 kg dari masa Perang Dunia II jatuh dari langit yang cerah ke halaman belakang sebuah rumah di Lakewood, 32 km sebelah barat daya Los Angeles, AS, dan menimbulkan kawah berdiameter 120 cm. Penduduk sekitar mengaku mendengar suara seperti peluit, tetapi tidak melihat atau mendengar tanda-tanda adanya pesawat yang lewat. Kejadian ini mengingatkan pada kejadian serupa yang terjadi pada tanggal 7 Februari 1958 di Napoli, Italia, saat sebuah granat yang berasal dari tahun 1942 jatuh dari langit.

3) Pada bulan Juli 1975, Erskine Lawrence Ebbin terlempar dari sepeda kumbangnya sehingga tertabrak taksi hingga tewas di Hamilton, Bermuda. Pada bulan Juli setahun sebelumnya, taksi dengan sopir dan penumpang yang sama itu pulalah yang menabrak saudaranya hingga tewas. Dua bersaudara itu sama-sama tewas dalam usia 17 tahun saat mengendarai sepeda kumbang yang sama di jalan yang sama pula.

4) Benda terbang tak dikenal (UFO) mungkin telah diketahui sejak dahulu kala, tetapi masa "piring terbang" baru dimulai pada musim panas 1947. Pada tanggal 24 Juni tahun itu, seorang pilot bernama Kenneth Arnold melihat sembilan "pesawat" setengah lingkaran melintasi Pegunungan Cascade di Negara Bagian Washington, AS. Pada suatu wawancara, ia menyamakan gerakan pesawat-pesawat itu seperti piring yang terbang di atas air. Istilah "piring terbang" kemungkinan diciptakan oleh beberapa editor surat kabar tidak lama setelah itu. Laporan mengenai terlihatnya UFO semakin bertambah sejak saat itu, bahkan ada lebih dari 1.000 laporan hanya dalam paruh kedua tahun 1947 saja.


Piring terbang yang tertangkap kamera di Inggris (1954).

5) "Penculikan oleh alien" yang terkenal pertama kali terjadi pada tanggal 19 September 1961. Yang diculik adalah Betty dan Barney Hill dari New Hampshire, AS.

6) Orang-orang yang mengklaim telah berhubungan dengan alien pada tahun 50-an, terutama George Adamski, umumnya menggambarkan mereka sebagai makhluk yang baik. Akan tetapi, pada tanggal 28 November 1954, Gustava Gonzalez dan Jose Ponce bertemu dengan benda bulat terang yang berputar di pinggiran Karakas, Venezuela. Gonzalez dipukul hingga terlempar sejauh 5 meter oleh makhluk yang kerdil dan berbulu, sementara yang lain membuat matanya buta dengan tembakan cahaya. Ponce melihat dua makhluk lagi yang muncul dari balik semak-semak sambil membawa batu dan tanah lalu melompat masuk kembali ke benda bulat yang berputar. Kedua pria itu lalu dimasukkan ke rumah sakit selama beberapa hari.

7) Pada tanggal 21 Mei 1921, ribuan katak jatuh dari langit di Gibraltar saat terjadi badai. Peristiwa itu merupakan salah satu dari beberapa peristiwa jatuhnya katak dan ikan dari langit yang membingungkan para ilmuwan selama abad ke-20. Sebagai contoh, pada tanggal 4 Maret 1998, katak mati dalam jumlah besar ikut terjatuh bersama hujan yang turun di Shirley, Croydon, sebelah selatan London. Peramal cuaca menjelaskan bahwa katak-katak itu disedot dari sebuah kolam oleh puting beliung, tetapi penjelasan itu diragukan sejak jauh-jauh hari karena hanya tornado mengerikanlah yang bisa menyedot satu jenis hewan dari sebuah kolam dan mengabaikan yang lain.

8) Pada tanggal 23 Oktober 1947, seorang ahli perikanan bernama Dr. A.D. Bajkov melihat ikan-ikan kecil dan ikan bass hitam yang sudah mati, tetapi masih segar, bergeletakan di jalan depan kafe tempatnya sarapan di Biloxi, Mississippi, AS, sessat setelah hujan turun. Laporannya dimuat di Majalah Science pada tahun 1949. Yang lebih baru, puluhan ikan ditemukan bergeletakan di taman dan atap-atap rumah di Newham, sebelah timur London, setelah dilanda badai pada malam hari antara tanggal 27-28 Mei 1984. Natural History Museum mengidentifikasi ikan-ikan itu dari jenis flounder dan smelt. Tidak ada laporan adanya puting beliung di Sungai Thames pada malam itu. Selanjutnya, pada tanggal 17 Mei 1996, lebih dari 20 ikan kecil berjatuhan dari langit di Hatfield, Hertfordshire, Inggris. Walaupun ikan-ikan itu sudah mati, tetapi masih terlihat segar dan terasa hangat saat disentuh.

9) Annie Moberley dan Eleanor Jordain yang sama-sama berprofesi sebagai kepala sekolah diduga telah dibawa mundur oleh waktu ke tahun 1790-an saat sedang berjalan-jalan di Versailles pada tanggal 10 Agustus 1901. Mereka bertemu tukang kebun berseragam hijau dengan topi model tricorne. Perjalanan menembus waktu ini diabadikan oleh John William Dunne dalam bukunya, An Experiment with Time (klik gambar untuk mengunduh buku).




10) Pada tanggal 15 April 1912, Titanic menabrak gunung es lalu tenggelam. Empat belas tahun sebelumnya (1898), novel pendek karya Morgan Robertson yang berjudul Futility or, the Wreck of the Titan (klik gambar untuk mengunduh buku) mengisahkan sebuah kapal bernama Titan yang karam karena menabrak gunung es pada perjalanan perdananya di tempat yang hampir sama. Selanjutnya, pada tahun 1939, sebuah kapal bernama Titanian menabrak gunung es di tempat tenggelamnya Titanic.

Bersambung ke bagian kedua. Artikel ini diterjemahkan secara bebas dari 100 Weird Years yang ditulis oleh Paul Sieveking.

1 komentar:

Fiana mengatakan...

seru banget gan baca artikel beginian

http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/dari-warisan-mertua-sampai-jatuh-cinta/#ilm-survey

Posting Komentar