Kejadian-Kejadian Aneh dalam Satu Abad (2)

15 Februari 2012
Bagian pertama bisa Anda baca di sini.

11) Pada dini hari tanggal 27 Mei 1974, seorang gadis berusia 20 tahun yang bernama Barbara Forrest diperkosa dan dicekik hingga tewas di Erdington, dekat Birmingham, Inggris. Ia mengunjungi temannya beberapa jam sebelumnya (masih dalam suasana perayaan Hari Kedua Pentakosta) untuk berganti pakaian lalu pergi ke pesta dansa. Pada dini hari tanggal 27 Mei 1817 (juga Hari Kedua Pentakosta), Mary Ashford diperkosa dan dibunuh di tempat yang sama. Gadis itu bahkan juga pergi ke rumah seorang temannya untuk berganti pakaian sebelum pergi ke pesta dansa. Dalam kedua kasus pembunuhan itu, seorang pria bernama Thornton ditangkap, didakwa membunuh, lalu dibebaskan.

12) Pada tanggal 28 Agustus 1974, mantan Perdana Menteri Inggris, Edward Heath, membantu John Dyson memperkenalkan novelnya yang berjudul The Prime Minister's Boat is Missing (Kapal Perdana Menteri Hilang) kepada umum. Lima hari kemudian, kapal pesiar Heath, Morning Cloud III, dinyatakan hilang.

13) Pada tahun 1935, seorang wanita dari York, Pennsylvania, AS, yang bernama Gertrude Smith mengklaim bahwa ia bisa membujuk ayam betinanya dengan kekuatan mental supaya menelurkan telur bergambar, misalnya bunga matahari atau inisial namanya. Ada banyak saksi yang melihat fenomena itu. Saat ia membayangkan telur yang irisan melintangnya berbentuk segitiga dan ternyata benar-benar keluar, ia menjadi takut lalu tidak mau lagi melakukannya.

14) Pada malam hari tanggal 1 Juli 1951, tubuh Mary Reeser yang tinggal di St. Petersburg, Florida, AS, hanya tersisa abunya saja. Kursinya terbakar, tetapi tumpukan kertas di sebelahnya tidak tersulut api sama sekali. Pada bulan September 1967, tubuh seorang gelandangan yang bernama Bailey ditemukan di sebuah rumah kosong di Lambeth, London. Api berwarna biru berkobar menjilat-jilat dari celah di perutnya yang robek. Tak ada hipotesis yang mampu menjelaskan secara jelas fenomena yang disebut sebagai spontaneous human combustion (SHC) ini. Teori lama menyebutkan bahwa pakaian yang terbakar akan membuat air dalam tubuh mendidih sampai habis, menyerap lemak yang mencair, lalu menjadikannya sebagai semacam sumbu yang tersebar di seluruh tubuh sehingga hanya akan menyisakan abu. Sayangnya, teori itu belum pernah diujikan pada tubuh manusia tanpa menggunakan zat yang mempercepat proses pembakaran. Tidak adanya pemicu kebakaran yang ditemukan di TKP pada beberapa kasus juga semakin menambah keganjilan fenomena ini. Penjelasan yang menghubungkan fenomena ini dengan elektrostatis dan geomagnetisme masih banyak diperdebatkan.


Spontaneous Human Combustion (SHC).


15) Pada tanggal 8 Juli 1947, dua minggu setelah fenomena "piring terbang" yang disaksikan oleh Kenneth Arnold (baca artikel sebelumnya), Angkatan Udara AS merilis berita dari Roswell, New Mexico, yang mewartakan penemuan "sebuah cakram [terbang]". Rilis berita ini kemudian dibantah pada hari itu juga saat AU AS mengatakan kepada wartawan bahwa "cakram" yang ditemukan itu tidak lain hanyalah balon cuaca.

16) Roy Cleveland Sullivan lahir pada tahun 1912. Selama 36 tahun bekerja sebagai polisi hutan, Sullivan yang tinggal di Waynesboro, Virginia, AS, ini telah tujuh kali tersambar petir. Pada tahun 1942, ia kehilangan kuku ibu jari kakinya dan pada tahun 1969, alisnya hilang karena tersambar petir. Bahu kirinya terpanggang pada tahun 1970 dan rambutnya terbakar pada tahun 1972 karena alasan yang sama. Pada bulan Agustus 1973, ia sedang mengemudi saat petir tiba-tiba menyambar topi hingga tembus ke kepalanya, membakar rambutnya lagi, dan membuatnya terlempar sejauh 3 meter dari mobilnya. Pada tahun 1983, ia menembak dirinya sendiri.

17) Kasus menghilangnya beberapa orang terkenal telah menyuburkan industri spekulasi. Kasus-kasus orang hilang yang terkemuka pada abad ke-20 meliputi kasus hilangnya anggota parlemen Inggris dari Partai Buruh, Victor Grayson, saat dalam perjalanan naik kereta api dari Liverpool ke Hull pada tahun 1920; hilangnya Kolonel Percy Fawcett yang terakhir dilihat saat memulai perjalanannya untuk menjelajah hutan Amazon pada tahun 1925; hilangnya Glenn Miller, seorang bintang jazz, saat sedang dalam perjalanan naik pesawat melintasi Selat Channel pada tahun 1944; dan tentu saja Lord Lucan (1974). Akan tetapi, kasus yang paling aneh adalah menghilangnya Ambrose Bierce, pengarang satiris berkebangsaan AS, yang menulis buku mengenai kasus orang hilang yang misterius. Ia pergi ke Meksiko pada tahun 1913 dan kabarnya tak pernah terdengar lagi.

18) Pada tanggal 2 April 1968, penampakan Perawan Maria mulai terlihat di atap sebuah Gereja Koptik di Zaitoun, Kairo, Mesir. Citra itu tampak secara terus-menerus hingga tahun 1971 dan kira-kira ada lebih dari satu juta orang yang menyaksikan penampakan itu. Foto-foto yang tercetak semuanya kabur dan meragukan. Sayangnya, tidak ada rekaman film yang dibuat.

19) Pada bulan Februari 1995, patung plester Perawan Maria yang Diberkati (oleh penduduk lokal disebut Le Madonne) di Civitavecchia, Italia, diduga mulai menangis darah sehingga menarik kedatangan ribuan jemaat. Selanjutnya, pada Jumat Baik tanggal 14 April tahun yang sama, patung itu dikatakan telah menangis sebanyak 14 kali. Dua bulan kemudian, setidaknya ada 15 kasus yang sama di seantero Italia, seperti halnya fenomena patung bergerak yang melanda seluruh Irlandia pada tahun 1985. Laporan dari laboratorium menyimpulkan bahwa cairan yang diduga sebagai air mata Perawan Maria dari Civitavecchia itu berasal dari darah seorang pria. Keluarga Gregori, yang membeli patung itu dari Medjugorje, dituduh telah melakukan pembohongan publik, tetapi mereka menolak memberikan sampel darah untuk keperluan tes DNA. Vatikan lalu menyatakan bahwa tangisan itu "asli", tetapi tidak menganggapnya sebagai suatu keajaiban.


Le Madonne di Civitacchea.

20) Saat angin bertiup kencang di suatu malam pada tahun 1917, Ester Hallio dan seorang rekannya sesama pelajar sedang berada di sebuah rumah di Helsinki, Finlandia. Di rumah itu, mereka mendengar suara benda jatuh lalu menemukan dua kancing jas besar di lantai kayu. Kejadian itu diikuti dengan jatuhnya koin beberapa menit sekali. Penduduk sekitar lalu diajak menyaksikan fenomena benda jatuh itu, termasuk Profesor Alvi Grotenfeldt, anggota Masyarakat Ilmiah, yang menyusun laporan mengenai kejadian ini dan lebih dari 10 marks berhasil dikumpulkan. Fenomena jatuhnya benda-benda logam yang lain juga pernah dilaporkan dari Wellington, Selandia Baru, pada bulan Maret 1963 (koin dan batu membombardir sebuah pondokan yang disaksikan oleh sekitar 600 orang selama tiga hari); Ramsgate, Kent, Inggris, pada tahun 1968 (koin 40-50 penny dalam waktu 15 menit); dan Galax, Virginia, AS, pada tanggal 12-14 Juli 1978 (400 paku dalam waktu tiga hari).

Bersambung ke bagian ketiga. Artikel ini diterjemahkan secara bebas dari 100 Weird Years yang ditulis oleh Paul Sieveking.

0 komentar:

Posting Komentar